Farm Bos Kami merupakan penyedia informasi terdepan tentang harga kebutuhan ternak.

Jaring Ikan

Jaring Lempar

Apakah kamu pernah menangkap ikan dengan menggunakan jaring ikan?

Jaring dengan benang jahitan yang relatif tipis mengikat mampu menjerat ikan dengan baik. Jaring yang modern, biasanya terbuat dari nilon atau poliamida buatan.

Meskipun sampai saat ini masih ada jaring yang terbuat dari poliamida organik yaitu wol maupun sutra.

 

Macam-macam Jaring Ikan

Seiring dengan perkembangan zaman, cara untuk menangkap ikan tidak hanya bergantung pada sebuah pancing, tetapi saat ini banyak orang yang telah menggunakan jaring untuk menangkapikan.

Hal ini disebabkan oleh kemampuan dari sebuah jaring untuk menangkap atau menjerat ikan dengan banyak sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Sangat menarik, bukan?

Lain hal nya dengan menggunakan pancing, kamu hanya bisa mendapatkan ikan dengan cara menunggu satu-persatu ikan yang di dapat.

Bahkan, jika sedang kurang beruntung kamu tidak bisa mendapatkan walaupun hanya seekor ikan. Terkadang ikan hanya mengambil umpan yang ada di pancing, setelah itu mereka akan melepaskan pancing tersebut.

 

Jaring untuk menangkap ikan tidak hanya ada satu, tetapi ada berbagai macam jaring ikan yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Jaring Lempar

Jaring Lempar
Jaring Lempar

Jaring pertama yang perlu kamu ketahui adalah jaring lempar, atau beberapa dari kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis jaring yang satu ini karena banyak digunakan oleh masyarakat untuk menangkap ikan.

Tidak hanya digunakan oleh nelayan yang menangkap ikan di pantai, jaring lempar juga sering digunakan oleh orang-orang untuk menangkap ikan di rawa maupun di sungai.

Bentuk dari jaring yang satu ini adalah lingkaran dengan berat di tepi jaring nya.

Cara menggunakan nya juga cukup mudah, yaitu dengan cara di lempar melingkar. Ukuran diameter dari jaring ini biasanya sekitar 4 meter. Ketika di lempar, jaring ini akan tenggelam dan akan menghasilkan ikan ketika di angkat ke permukaan.

 

2. Jaring Insang

Jenis jaring yang kedua adalah jaring insang.

Bentuk dari jaring ini adalah persegi empat dan memiliki mata pada setiap ujung nya. Selain itu, lebar dari jaring ini juga lebih pendek dari panjang nya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa jaring insang terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Jaring Insang Permukaan
Jaring Insang Permukaan
Jaring Insang Permukaan

Berdasarkan nama nya, jaring insang permukaan ini dapat kamu gunakan pada permukaan laut atau air.

 

  • Jaring Insang Dasar
Jaring Insang Dasar
Jaring Insang Dasar

Berbeda dengan jaring insang permukaan, jaring insang dasar dapat kamu gunakan untuk menangkap ikan di bawah permukaan laut atau di dasar laut.

 

  • Jaring Insang Hanyut
Jaring Insang Hanyut, via Wikipedia
Jaring Insang Hanyut, via Wikipedia

Jaring insang hanyut adalah sebuah jaring ikan yang memiliki bentuk persegi empat dan memiliki mata jaring yang berukuran sama. Cara menggunakan nya sesuai dengan nama nya, yaitu di hanyutkan.

 

  • Jaring Insang Tiga Lapis
Jaring Insang Tiga Lapis
Jaring Insang Tiga Lapis

Jaring selanjutnya adalah jaring insang tiga lapis yang tentu nya mempunyai 3 lapisan jaring sesuai dengan nama nya. Selain itu, mata dari jaring 3 lapis bagian dalam ini juga lebih besar jika dibandingkan dengan mata jaring bagian luar.  

 

3. Jaring Korakel

Jaring Korakel
Jaring Korakel

Jenis jaring yang selanjutnya adalah jaring korarel. Jaring ini biasanyadigunakan oleh 2 orang yang duduk di perahu dengan masing-masing tangan nya yang memegang dayung dan jaring.

 

Cara Membuat Jaring Ikan Sederhana

Tidak sedikit orang-orang terutama para nelayan yang lebih memilih untuk membuat jaring ikan sendiri daripada harus membeli nya.

Meskipun cara yang dilakukan masih sederhana, namun hasil karya diri sendiri tentu akan lebih berkesan dan bisa memotivasi kamu untuk lebih bersemangat ketika hendak menjala ikan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat jaring ikan yang sederhana:

1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat jaring ikan.

Jarum ( Suban), salah satu alat untuk membuat Jaring Ikan
Jarum ( Suban), salah satu alat untuk membuat Jaring Ikan

Seperti jarum (suban), kamu bisa membeli nya di toko peralatan pancing atau kamu bisa membuat nya sendiri dari bambu.

Kemudian, kamu juga perlu mempersiapkan suri, yaitu alat cetak lubang yang terbuat dari bambu untuk mencetak ukuran dari lubang jala.

 

2. Mempersiapkan benang senar putih yang harus kamu sesuaikan dengan ukuran jaring yang akan dibuat.

3. Selanjutnya, kamu harus menjalin benang secara berurutan ke bawah kemudian di tali dengan ikatan tali mati agar tidak bergeser selama proses ini.

 

Menjalin Benang Secara Berurutan
Menjalin Benang Secara Berurutan

4. Kemudian, terus rajut jaring tersebut hingga sesuai dengan ukuran jaring yang kamu inginkan.

 

Daftar Harga Jaring Ikan

Harga dari jaring yang di jual di pasaran tentu nya berbeda-beda sesuai dengan ukuran yang ditawarkan.

Semakin besar ukuran jaring, maka semakin mahal juga harga yang ditawarkan. Begitu pula sebaliknya, jika ukuran jaring semakin kecil, maka harga nya akan semakin murah.

Jaring untuk menangkap ikan yang siap pakai di jual dengan harga puluhan hingga ratusan ribu rupiah sesuai kualitas dan ukuran.

Tertarik memakai jaring ikan? Selamat mencoba ya !

Farm Bos Kami merupakan penyedia informasi terdepan tentang harga kebutuhan ternak.