Harga Ikan Bawal

Gambar Ikan Bawal Asli

Harga Ikan Bawal – Ikan bawal yang termasuk dalam spesies colossoma macropomum merupakan ikan introduksi dari Brasil yang sudah menyebar ke berbagai negara di dunia, termasuk kawasan Asia Tenggara salah satunya di Indonesia. Ikan jenis ini merupakan ikan yang mudah beradaptasi dengan berbagai jenis lingkungan. Jika dibudidayakan, ikan bawal termasuk yang cepat berkembang biak.

Gambar Ikan Bawal Budidaya
Gambar Ikan Bawal Budidaya

Memiliki panjang maksimal ±90cm, dengan badan yang agak membulat, bentuk tubuh pipih, serta sirip dada berada dibawah tutup insang, ikan ini termasuk omnivora. Di Indonesia, harga ikan bawal biasanya dibanderol dengan harga 22 ribu rupiah saja. Kira-Kira Segini Harga Ikan Bawal Putih Dan Galatama.

Gambar Ikan Bawal Asli
Gambar Ikan Bawal Asli

Di Indonesia, ikan bawal termasuk memiliki banyak peminatnya. Setiap menjelang perayan hari-hari besar misalnya, ikan bawal selalu masuk dalam satu jenis ikan dengan harga jual yang cukup tinggi. Ada dua jenis ikan bawal yang kerap diburu banyak orang, yaitu ikan bawal putih dan galatama.

Berbeda dengan hari hari biasanya, harga ikan bawal berbeda ketika menjelang hari hari besar nasional. Terlebih dengan ikan bawal putih. Harga ikan bawal putih bisa mencapai 120ribu per kilogram. Bukan tanpa alasan, ikan bawal putih juga masuk dalam satu jenis ikan yang habibat aslinya berasal dari Jepang.

Berbeda dengan ikan bawal putih, ikan galatama tergolong lebih murah. Ikan bawal galatama berupakan ikan bawal yang sudah dibudidaya dan memiliki habitat asli di kolam pancing. Jika normal, ikan galatama memiliki nilai jual yang masih terjangkau.

Gambar Ikan Bawal Ternak
Gambar Ikan Bawal Ternak

Namun, berbeda dengan hari hari tertentu yang mana permintaan pasar meningkat. Harga jual ikan bawal galatama pun bisa mencapai angka 40ribu rupiah per kilo jika tidak dalam kondisi normal. Dikarenakan sudah banyak yang membudidayakannya, harga ikan bawal di beberapa daerah pun kerap berbeda. Harga ikan bawal per kg jika di Jakarta, nilai taksir jualnya lebih tinggi dibandingkan di kota-kota lainnya, yaitu 25ribu/kg.

Di Malang misalnya, harga ikan bawal per kilo hanya sekitar 22ribu, sedangkan di Pekanbaru, Riau justru lebih rendah yakni sekitar 21ribu/kilo. Jika di rata-rata per daerah, harga ikan bawal hanya berada di kisaran angka 20ribuan per kilonya. Namun, ini tentu berbeda dengan ikan bawal konsumsi yang bisa dimakan dan berasal dari air tawar.

Daftar Harga Ikan Bawal Terbaru

DaerahSatuanHarga
MalangkgRp 22.000
JakartakgRp 25.000
PekanbarukgRp 21.000
JogjakgRp 23.000
BalikgRp 26.000
TasikmalayakgRp 23.000
MedankgRp 20.000
BogorkgRp 24.000
SukabumikgRp 22.000

Biasanya, ikan bawal konsumsi lebih mahal daripada ikan bawal pada umumnya. Kenaikan harga jual nya pun berada di angka 2-5 ribu per kilonya. Harga ikan bawal konsumsi di pasaran bisa mencapai 28ribu per kilogram pada hari normal. Sedangkan, harga ikan bawal laut di Indonesia relatif tidak mengalami perubahan yang signifikan.

Harga ikan bawal laut di pasaran biasanya di banderol dengan harga 18ribu rupiah per kilo. Ikan bawal laut memang sering menurun apalagi ketika kondisi saat ini dimana peralihan masa penghujan ke kemarau. Agar tida terjadi lonjakan harga yang signifikan di beberapa daerah, pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan telah memiliki aturan sendiri menjual harga ikan laut, termasuk stkamurisasi harga ikan bawal.

Ini dilakukan agar para nelayan dan juga para penjual tidak dirugikan jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan ataupun penurunan harga yang drastis. Saat ini, pemerintah telah menetapkan harga ikan bawal per kg 2017 berada dalam kisaran 21-27 ribu rupiah. Stkamurisasi ini digunakan agar masyarakat bisa mengkonsumsi ikan bawal yang memiliki kandungan nilai protein yang tinggi.

Baca Juga : Harga Bibit Ikan Bawal

Demikian informasi mengenai harga ikan bawal , terimakasih sudah membaca artikel kami, semoga bermanfaat untuk anda dan bisa menjadikan referensi untuk anda.

Harga Ikan Marlin

Iqbal Yusufi
1 min read

Harga Ikan Gabus

Iqbal Yusufi
1 min read

Tinggalkan Balasan